Home Revitalisasi Bisnis Desa, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pendampingan Digital Marketing
Revitalisasi Bisnis Desa, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pendampingan Digital Marketing
Revitalisasi Bisnis Desa, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pendampingan Digital Marketing

Purbayasa (10/8/2023) - Dalam era yang didominasi oleh teknologi dan konektivitas digital, pemasaran juga mengalami evolusi yang signifikan. Kemunculan digital marketing menjadi tonggak penting dalam transformasi cara bisnis berinteraksi dengan pasar. Digital marketing tidak hanya sekadar tren, tetapi merupakan landasan strategis bagi pertumbuhan dan kelangsungan bisnis di era digital ini. Melalui pemanfaatan platform digital, bisnis memiliki peluang tak terbatas untuk meraih target pasar yang lebih luas dan mendalam, serta menjalin interaksi yang lebih personal dan efisien dengan pelanggan. Digital marketing membawa pergeseran paradigma dalam pemasaran. Dulu, pemasaran bisnis cenderung mengandalkan metode tradisional seperti iklan cetak, siaran radio, dan televisi. Namun, semuanya berubah seiring dengan penetrasi teknologi serta internet yang merata. Kini, pelaku bisnis harus beradaptasi dengan perilaku konsumen yang semakin digital dan memiliki akses ke berbagai informasi melalui genggaman mereka. Pemasaran digital memanfaatkan kanal seperti media sosial, mesin pencari, email, dan platform e-commerce untuk menciptakan visibilitas yang lebih luas, memberikan pengalaman yang relevan, serta mempermudah proses transaksi.

Berdasarkan hasil survei lokasi KKN pada 9 Juli 2023, Desa Purbayasa merupakan sebuah desa yang kaya akan peluang bisnis dengan peralatan yang memadai seperti roti, hand sanitizer, sabun, dan keripik buah. Akan tetapi, meskipun dengan potensi bisnis yang menjanjikan, Desa Purbayasa mengalami kendala dalam hal pemasaran yang berakibat pada terhentinya produksi bisnis tersebut sehingga mengalami kelambatan dalam pertumbuhan bisnis lokal. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diadakanlah program pendampingan digital marketing untuk mengembangkan potensi bisnis Desa Purbayasa yang masih ada yaitu pada budi daya jamur tiram dan pada bidang peternakan.

Program diawali dengan survei di usaha budidaya jamur tiram Lestari Jamur serta Peternakan Firdaus. Dari hasil survei tersebut, diketahui bahwa produksi jamur tiram dan peternakan sejauh ini hanya dipasarkan secara manual dan cenderung kepada langganan saja. Maka dari itu, pada 10 Agustus 2023, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023 mengadakan program pendampingan digital marketing meliputi pemaparan mengenai pengertian digital marketing, tujuan digital marketing, keunggulan digital marketing, jenis-jenis digital marketing, langkah-langkah penerapan digital marketing, serta pembuatan akun Shopee dan TikTok sebagai sarana pemasaran online Lestari Jamur dan Peternakan Firdaus. Kemudian, pada tanggal 11 Agustus 2023, program dilanjutkan dengan proses produksi dan dokumentasi produk jamur tiram Lestari Jamur untuk nantinya dapat dipasarkan di Shopee serta pembuatan video Peternakan Firdaus untuk dipromosikan di TikTok.

Bapak Suntono selaku pemilik usaha Lestari Jamur dan Peternakan Firdaus berharap agar program digital marketing ini dapat menjadi landasan bagi produk jamur tiram dan peternakannya untuk menjangkau target pasar yang lebih luas sehingga mampu mendongkrak angka penjualan yang tepat sasaran. Dengan memperkenalkan digital marketing kepada pelaku usaha Desa Purbayasa, program ini tidak hanya memberikan solusi nyata terhadap permasalahan pemasaran, tetapi juga membuka peluang baru untuk merevitalisasi bisnis lokal. Peningkatan akses pasar melalui platform digital seperti Shopee dan TikTok diharapkan akan memberikan angin segar bagi produksi dan penjualan produk lokal yang berdampak pada pengembangan perekonomian desa yang berkelanjutan.

 

Penulis : KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023 Desa Purbayasa

DPL : Dr. Priyotomo, S.Sos, MM

Lokasi : Desa Purbayasa, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023
BIDANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
Rp 754.069.508,00
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp 547.201.000,00
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DESA
Rp 67.400.000,00
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Rp 148.288.000,00
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp 83.400.000,00
Total APBDes 2023
Rp 1.600.358.508,00
100%
Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput