Home Kecamatan Pangkah Meraih Penghargaan Musrenbang Award pada Musrenbang Kabupaten Tegal Tahun 2019
Kecamatan Pangkah Meraih Penghargaan Musrenbang Award pada Musrenbang Kabupaten Tegal Tahun 2019
Kecamatan Pangkah Meraih Penghargaan Musrenbang Award pada Musrenbang Kabupaten Tegal Tahun 2019

Slawi, tiga kecamatan meraih Musrenbang Award lantaran memiliki usulan program yang wow banget. Selain tepat waktu dan sesuai juknis, usulan program mereka woow banget, inovatif-kreatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tiga dari 18 kecamatan di Kabupaten Tegal yang meraih predikat terbaik dalam pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2019, yakni Kecamatan Pangkah, Slawi dan Pagerbarang.

Mereka mendapat sertifikat Musrenbang Award dan hadiah uang, tambahan pagu indikatif kecamatan masing-masing sebesar Rp 100 juta.

Penghargaan diserahkan Bupati Tegal, Umi Azizah, di akhir acara Musrenbang Kabupaten Tegal 2019 di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Slawi, Rabu (27/3).

Kepala Bappeda Kabupaten Tegal, Suharmanto, melalui Kasubid Perencanaan, Ahmad Budhi Z menyampaikan, ketiga kecamatan tersebut dinilai dalam pelaksanaan Musrenbang kecamatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, secara umum dinyatakan telah sesuai dengan juklak dan juknis.

Salah satu usulan program Kecamatan Pangkah ada penilaian pengelolaan keuangan desa yang dibuktikan dengan penghargaan  tingkat kecamatan. Selain itu, ada program penanggulangan kemiskinan yang dikelola desa, dengan cara mengumpulkan barang sesuai kemampuan warga , yang selanjutnya diberikan kepada anak yatim.

Pada saat pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan, kecamatan tersebut juga mengadakan pameran produk UKM dari 23 desa.

Sementara itu, Kecamatan Slawi dinilai secara administrasi berkualitas, dapat melibatkan CSR untuk berpatisipasi serta pada saat pelaksanaannya menampilkan produk unggulan UKM.

Selain memberikan penghargaan Musrenbang Award pada tiga kecamatan tersebut, pada Musrenbang Kabupaten Tegal juga akan dilakukan penilaian stan dan penyerapan aspirasi terkait perencanaan pembangunan melalui website.

‘’Ada dua kriteria penilaian. Pertama subjektivitas meliputi tema, updating data dan properti. Kemudian masukan dari masyarakat melalui website,’’sebutnya.

Tiga stan terbaik akan mendapat hadiah uang masing-masing Rp 100 juta.

Camat Pangkah, Bambang Sihana menyebutkan, tahun ini untuk kali kedua Kecamatan Pangkah menerima Musrenbang Award.  Pada pelaksanaan Musrenbang, tiap desa menampilkan data kegiatan pada 2018. ‘’Pameran data ini agar masyarakat bisa mengetahui program di desa masing-masing,’’tuturnya.

Sumber : Suara Merdeka

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
Daftar Komentar
  • Aulia Rosma
    Aulia Rosma - 11 Oktober 2019 16:39:57
    Selamat Pak Bambang Sihana atas prestasi nya.
APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023
BIDANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
Rp 754.069.508,00
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp 547.201.000,00
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DESA
Rp 67.400.000,00
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Rp 148.288.000,00
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp 83.400.000,00
Total APBDes 2023
Rp 1.600.358.508,00
100%
Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput